Profil Yusaku Maezawa - Orang Terkaya ke-14 di Jepang dan Turis Pertama yang Pelesir ke Bulan - Khoerulweb.com

Wednesday, September 19, 2018

Profil Yusaku Maezawa - Orang Terkaya ke-14 di Jepang dan Turis Pertama yang Pelesir ke Bulan

Yusaku Maezawa ( 前 澤 友 作 Maezawa Yūsaku ) adalah seorang pengusaha miliarder dan kolektor seni asal Jepang. Ia mendirikan Start Today pada tahun 1998 dan meluncurkan situs web ritel fashion online Zozotown, yang sekarang terbesar di Jepang, pada tahun 2004. Baru-baru ini, Maezawa memperkenalkan merek pakaian ZOZO dan sistem pengukuran di rumah, ZOZOSUIT, pada tahun 2018. Pada Mei 2017 ia diperkirakan oleh Forbes memiliki kekayaan bersih sebesar $ 3,6 miliar dan merupakan orang terkaya ke-14 di Jepang.

Elon Musk dan perusahaan roketnya, SpaceX, telah mengumumkan bahwa Yusaku Maezawa akan menjadi orang awam pertama yang akan terbang mengelilingi Bulan.


Kehidupan awal

 adalah seorang pengusaha miliarder dan kolektor seni asal Jepang Profil Yusaku Maezawa - Orang Terkaya ke-14 di Jepang dan Turis Pertama yang Pelesir ke BulanYusaku Maezawa lahir 22 November 1975 di Kamagaya, Prefektur Chiba, Jepang. Maezawa mulai belajar di Sekolah Menengah Waseda Jitsugyo pada tahun 1991. Di Sekolah tersebut ia membentuk sebuah grup band, grup musik rock indie bernama Switch Style, dan merilis album pada 1995. Maezawa memegang posisi sebagai penabuh drum.

Band ini merilis EP pertama mereka pada tahun 1993.  Setelah lulus dari sekolah menengah, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi; alih-alih dia pindah ke AS dengan seorang pacar, di mana dia mulai mengumpulkan CD dan rekaman. Ketika ia kembali ke Jepang pada tahun 1995, koleksi albumnya menjadi dasar untuk perusahaan pertamanya, yang menjual album dan CD impor melalui pos.


Bisnis

Pada tahun 1998, ia meluncurkan sebuah perusahaan bernama Start Today Inc. yang terdaftar di Bursa Saham Tokyo, dan Maezawa memiliki sekitar 38 persen saham perusahaan.

Sebelum Maezawa  mengumumkan berhenti dari musik pada tahun 2001. Pada tahun 2000, Start Today telah pindah ke platform online dan mulai menjual produk fesyen.  Mulai Hari ini membuka situs web pakaian ritel Zozotown pada tahun 2004, dan enam tahun kemudian, Start Today menjadi perusahaan publik, terdaftar di "Mothers" Index di Bursa Saham Tokyo. Pada 2012, Start Today terdaftar di Bagian Pertama Bursa Saham Tokyo.

Maezawa baru-baru ini memperkenalkan ZOZO, merek pakaian custom-fit. dan ZOZOSUIT, sistem pengukuran di rumah, di lebih dari 72 negara dan wilayah. [9]

Merek pakaian khusus ‘ZOZO’ merupakan layanan untuk memeriksa ukuran 3D tubuh pelanggan dan memberikan pakaian yang dipesan lebih dahulu.

ZOZOSUIT adalah sistem pengukuran di rumah. Bisnis itu sekarang tersedia di lebih dari 72 negara dan wilayah.


Yayasan Seni Kontemporer

Maezawa adalah kolektor seni yang rajin. Dia memiliki koleksi karya-karya seniman yang mengesankan seperti Pablo Picasso, Yayoi Kusama, Richard Prince, dan Jeff Koons.

Maezawa adalah pendiri dari Contemporary Art Foundation yang berbasis di Tokyo, yang dimulai pada tahun 2012 dengan tujuan "mendukung seniman muda sebagai pilar generasi seni kontemporer selanjutnya." The Contemporary Art Foundation saat ini menyelenggarakan koleksi pertunjukan dua kali setahun. Pada Mei 2016 Maezawa menarik perhatian media yang signifikan dengan harga pembelian rekaman di lelang $ 57,3 juta untuk karya tanpa judul oleh Jean-Michel Basquiat, dan memecahkan rekor lagi pada Mei 2017 dengan lelang $ 110,5 juta untuk sebuah karya seniman yang sama. Pada lelang 2016 yang sama, Maezawa membeli karya Bruce Nauman, Alexander Calder, Richard Prince, dan Jeff Koons, menghabiskan total $ 98 juta selama dua hari. Maezawa berencana untuk membuka museum seni kontemporer di Chiba, yang akan menjadi tempat koleksinya.


Turis Pertama yang Pelesir ke Bulan

Elon Musk dan perusahaan roketnya, SpaceX, telah mengumumkan bahwa orang awam pertama yang akan terbang mengelilingi Bulan, adalah miliarder dan pengusaha asal Jepang, Yusaku Maezawa.

Pada bulan September 2018, diumumkan bahwa Maezawa akan menjadi penumpang komersial pertama yang mencoba terbang melintasi Bulan. Ia akan terbang menggunakan pesawat roket SpaceX Big Falcon Rocket (BFR), yang saat ini sedang dikembangkan. Penerbangan dijadwalkan berlangsung pada tahun 2023 dengan durasi hampir enam hari. Ia akan membawa enam hingga delapan seniman bersamanya sebagai bagian dari proyek seni yang ia ciptakan bernama #dearMoon.


Sumber: en.wikipedia.org

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda