10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung - Khoerul WEB

Selasa, 30 Oktober 2018

10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung

Khoerulweb.com – Inilah cara - cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung. Play Store merupakan aplikasi dimana kita bisa mendownload berbagai hal seperti aplikasi, film dan buku untuk melengkapi fungsi dari smartphone Samsung kamu. Meski ada banyak yang menyediakan fitur sama seperti Play Store, tapi tetap saja play store menjadi pilihan utama dalam mendownload atau membeli aplikasi untuk banyak orang termasuk kamu.

Dan tentu saja ketika Play Store mengalami error seperti tidak bisa dibuka atau diakses, itu akan membuat kita kesulitan. Selain kesulitan untuk mendapatkan aplikasi, film atau buku, kita juga akan kesulitan untuk memperbarui aplikasi yang sudah ada. Maka dari itu jika Play Store di Samsung kamu mengalami error semacam ini, segera perbaiki dengan cara - cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung berikut ini.

 cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung 10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung


1. Mulai Ulang Perangkat

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung yang pertama adalah dengan memulai ulang atau merestart perangkat Samsung kamu. Cara sederhana ini juga dapat memperbaiki error – error kecil lainnya. Caranya tekan dan tahan tombol Daya hingga menu muncul dengan tiga opsi, pilihlah Restart dan tunggu hingga perangkat mati dan hidupkan lagi.

2. Kuatkan Koneksi Internet

Play Store merupakan aplikasi online, artinya aplikasi tersebut memerlukan koneksi internet ketika akan digunakan atau dibuka. Ketika koneksi internet kamu lemah apalagi tidak ada maka dapat dipastikan Play Store tidak akan bisa dibuka. So, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang kuat atau setidaknya stabil.

3. Hapus cache Google Play Store

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung selanjutnya adalah dengan menghapus cache Play Store itu sendiri. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapusnya, tetapi jika tidak ada kamu bisa melakukannya sendiri. Caranya Pengaturan > Aplikasi atau Manajer Aplikasi > Semua > Google Play Store > Paksa Berhenti > Hapus Cache.

4. Hapus Data Play Store

Selain menghapus cache, kamu juga bisa menghapus data Play Store. Ketika menghapus data tentu kamu mungkin akan kehilangan data yang telah kamu input sebelumnya ke Play Store, tapi tenang kamu tidak akan kehilangannya. Caranya buka Pengaturan > Aplikasi atau Manajer Aplikasi > Semua > Google Play Store > Paksa Berhenti > Hapus Data.

5. Setel Ulang Pengelola Unduhan


 cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung 10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung berikutnya adalah dengan menyetel ulang pengelola unduhan, karena mungkin kesalahan ini terjadi karena ada kaitannya dengan pengelola unduhan yang error. Ikuti langkah – langkah ini untuk menyetel ulang pengelola unduhan, buka Pengaturan > Aplikasi > pilih tombol menu (3 titik) > klik Tampilkan Aplikasi Sistem > Pengelola Unduhan > Paksa Berhenti aplikasi untuk mengatur ulang.

6. Periksa Ruang Penyimpanan

Ketika menjalankan sebuah aplikasi, otomatis ruang penyimpanan pun akan terpakai dan tentu saja semakin banyak aplikasi yang digunakan atau dijalankan maka ruang penyimpanan pun akan berkurang. Jika ruang penyimpanan di Samsung kamu itu kecil jangan terlalu banyak mengoperasikan aplikasi dalam jumlah banyak sekaligus. So, pastikan ruang penyimpanan cukup ketika kamu membuka play store dengan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

7. Hapus dan Tambahkan Kembali Akun Google

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung yang ketujuh adalah dengan menghapus akun Google lalu kemudian menambahkannya kembali. Caranya buka Pengaturan > Akun > Pilih Akun Google kamu > Hapus Akun > pilih menu (3 titik) > pilih Hapus Akun untuk mengonfirmasi. Nah untuk menambahkannya kembali kamu hanya tinggal membuka play store kemudian pilih Tambah Akun, setelah itu pilih Google,  lalu masukkan Akun Google kamu dan masukan juga kata sandinya, terakhir setujui Persyaratan dan Ketentuan Google.

8. Aktifkan Semua Aplikasi Terkait

Langsung saja buka Pengaturan dan pilih Aplikasi, setelah itu pilih tombol menu 3 titik di kanan atas dan Tampilkan Aplikasi Sistem. Disini pilih Tampilkan Aplikasi Nonaktif dan pastikan tidak ada aplikasi yang terkait dengan Layanan Google Play atau Pengelola Unduhan di daftar aplikasi Nonaktif. Jika ada, silahkan pilih aplikasi terkait Google Play Store yang nonaktif dan pilih Aktifkan.

9. Instal Ulang Versi Terbaru Google Play Store

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung selanjutnya adalah dengan menginstal ulang versi terbaru Google Play Store. Pertama-tama, buka Pengaturan dan pilih Keamanan kemudian pilih Administrasi Perangkat. Setelah itu pilih Pengelola Perangkat Android lalu hapus centang ini dan nonaktifkan. Sekarang kamu dapat mencopot pemasangan layanan Google dengan masuk ke pengelola aplikasi. Setelah itu, coba buka aplikasi apa pun yang mengharuskan Google Play Store terbuka, dan itu akan memandu kamu untuk menginstal layanan Google Play secara otomatis dan menginstal versi terbaru dari layanan Google Play.

10. Hapus Cache Framework Google Service


 cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung 10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Samsung
Baca Juga :
Cara Mendaftar Akun Samsung
Cara Klaim Garansi SEIN Samsung ( 4 Langkah )
10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di SAMSUNG
Selain Google Play store, penting juga untuk menjaga agar Framework Google Service tetap “sehat”. Cache dan data yang tidak perlu harus dihapus dari sana, silahkan buka Pengaturan dan kemudian klik Manajer Aplikasi, klik Google Service Framework, sekarang klik Clear cache, selesai.


Cara - cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Samsung di atas adalah yang terbaik di antara semua solusi yang bisa kamu temukan untuk memperbaiki play store kamu yang tidak bekerja dengan normal.  Silahkan coba satu per satu cara – cara diatas untuk segera menyingkirkan masalah tersebut, see you soon !
Comments


EmoticonEmoticon

close