10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung - Khoerul WEB

Senin, 29 Oktober 2018

10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung

Khoerulweb.com – Inilah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung. Kamu mungkin salah satu pengguna Samsung yang mengalami kendala ketika menginstal aplikasi yang telah kamu unduh dari Play Store. FYI, kesalahan seperti ini memang sering terjadi, so artinya kamu tidak perlu risau karena itu artinya kesalahan ini bukanlah masalah besar yang tidak bisa diatasi.

Karena nyatanya ada banyak cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung. Kesalahan semacam ini mungkin terjadi dikarenakan pembaruan Google Play Store, masalah cache Google, masalah data yang disimpan Google Play Store, masalah akun Google atau masalah lainnya. Apapun penyebabnya, kamu bisa mencoba salah satu cara yang telah kami rangkum dibawah ini.

 Inilah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung


1. Pastikan Tanggal Dan Waktu Benar

Silahkan buka menu Pengaturan di perangkat Samsung kamu, lalu pilih Tanggal & Waktu.  Jika kotak di sebelah Otomatis tidak dicentang, ketuk kotak untuk mencentang. Jika kotak dicentang, Ketuk kotak di samping Otomatis untuk menghapus centang dan kemudian ketuk lagi untuk mencentang kembali.    Kembali ke layar beranda dan lihat apakah Tanggal dan waktu kamu berhasil diperbarui, kemudian silahkan coba lagi instalasinya.

2. Hapus Cache Google Play Store

Cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung yang kedua adalah dengan menghapus cache Play Store. Buka menu Pengaturan, lalu buka Aplikasi atau Manajer Aplikasi. Setelah itu gulir ke bagian Semua, disana temukan aplikasi Google Play Store, kemudian buka detail aplikasi dan klik Kosongkan cache, Beres. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache jika ingin lebih simple.

3. Hapus Data Google Play Store

Jika membersihkan cache Google Play Store tidak menyelesaikan masalah, coba kosongkan data Google Play Store. Caranya tinggal buka Pengaturan lalu buka Aplikasi atau Manajer Aplikasi. Kemudian gulir ke Semua aplikasi lalu gulir ke bawah ke aplikasi Google Play Store. Lalu buka aplikasi Play Store dan klik Hapus data.

4. Hapus Akun Google Lalu Tambahkan Lagi

Jika membersihkan cache dan data tidak menyelesaikan masalah, maka cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung selanjutnya adalah dengan menghapus akun Google kamu lalu tambahkan akun Google kamu lagi. Tinggal buka Pengaturan, di bawah Akun, ketuk nama akun Google yang akan kamu hapus. Setelah itu klik ikon Menu di sudut kanan atas layar lalu klik Hapus akun. Kemudian restrat Samsung kamu dan tambahkan akun Google kamu lagi.

5. Pastikan Koneksi Internet kuat

 Inilah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung

Pastikan ketika dalam proses mendownload aplikasi Samsung kamu memiliki koneksi internet yang kuat. Karena jika dalam keadaan lemah, akan sangat mungkin terjadi aplikasi tidak terdownload secara utuh atau cacat, dan inilah yang menyebabkan aplikasi tidak bisa diinstal.

6. Disable Google Play Service

Masalah instalasi ini juga erat keitannya dengan Google Play Service, mengingat yang kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut adalah Google Play Store. Cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung karena ini adalah dengan mengecek Google Play Service yang ada pada Samsung kamu, pastikan keadaanya disable ya gengs.

7. Pastikan SD Card Cukup Dan Benar

Jika penyimapnan Play Store kamu berada di SD Card, maka kamu harus memastikan SD Card tersebut memiliki cukup ruang ketika instalasi dilakukan. Jika memang ruang masih cukup, mungkin SD Card kamu mengalami masalah atau tidak terdeteksi oleh Samsung. Coba keluarkan SD Card kamu setelah itu masukan kembali dan silahkan coba lagi untuk menginstal aplikasi.

8. Pastikan Aplikasi Kompatible Dengan Samsung

Biasanya aplikasi yang tidak kompatible dengan suatu perangkat tidak bisa diunduh atau ada peringatan tentang itu. Tapi kadang terjadi kesalahan di Google Play yang membuat aplikasi yang tidak kompatible bisa diunduh atau tidak muncul peringatan. So cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung karena ini adalah dengan mencari aplikasi serupa yang benar – benar kompatible dengan Samsung kamu dan bisa diinstal dengan baik.

9. Mulai Ulang Perangkat Samsung

Jika kamu masih tidak dapat menginstall atau memasang aplikasi setelah mencoba cara – cara diatas, coba cara mudah ini dengan merestart perangkat Samsung kamu. Caranya mudah tinggal tekan dan tahan tombol Daya hingga sebuah menu muncul, klik Mulai ulang atau Restart kemudian klik OK untuk mengonfirmasi.

10. Unduh Lewat Web Play Store


 Inilah cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di Samsung

Baca Juga :
2 Cara Mengubah Negara di Google Play Dengan Mudah
12 Aplikasi (VR) Virtual Reality Android Terbaik
12 Aplikasi Terbaik Untuk Android Yang Sudah Di Root


Penyebab kesalahan ini mungkin berasal dari kesalahan server Google itu sendiri. Meski koneksi data internet kamu kuat apliksai mungkin akan terunduh dengan keadaan cacat dan tidak bisa diinstal. Untuk cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung karena kesalahan ini, kami sarankan untuk menunggu sampai Google sendiri yang memperbaikinya. Sementara itu kamu bisa mengunduh aplikasi lewat website Play Store untuk meudian dipindahkan ke ponsel dan menginstallnya.


Itulah cara - cara mengatasi tidak bisa install aplikasi Play Store di Samsung yang bisa kamu coba. Semoga salah satunya dapat segera memperbaiki aplikasi kamu yang sulit untuk dipasang di Samsung kamu. Jika pun benar – benar tidak ada yang berhasil, mungkin kamu harus mencoba untuk melakukan reset factory pada Samsung kamu. Good luck !
Comments


EmoticonEmoticon

close