50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-7 - Khoerul WEB

Kamis, 18 Oktober 2018

50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-7

50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban bagian kelima sampai bagian keenam (soal nomor 11-20), keduanya berbentuk pilihan ganda, berbeda dengan bagian ketujuh yang berbentuk essay/uraian.

Berikut soal sejarah dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 21.

21. Siapakah pendiri organisasi Indische Partij?
Jawaban: pendiri organisasi Indische Partij adalah Tiga Serangkai, yaitu dr. Douwes Dekker, dr. Cipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantara (Suwardi Suryaningrat)

22. Pendidikan Nasional Indonesia Baru didirikan pada tahun 1931 oleh….
Jawaban: Drs. Moh. Hatta dan Sultan Syahrir

23. Hasil penelitian Dr. Snouek Horgrunye di Aceh dibukukan dengan judul….
Jawaban: De Acehers (Orang Aceh)

24. Upaya yang dilakukan organisasi modern untuk mencapai kemerdekaan Indonesia adalah dengan cara-cara modern, misalnya…..
Jawaban: lewat media massa, demo, pemogokan buruh/pegawai, atau mengirimkan wakil-wakil di dewan rakyat (volksraad), agitasi massa, serta menggalang dukungan politik dari dunia luar.

25. Pendiri Sarikat Dagang Islam adalah….
Jawaban: K.H. Samanhudi

26. Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal….
Jawaban: 20 Mei

27. Perhimpunan Indonesia (PI) diketuai oleh….
Jawaban: Noto Suroto

28. Pergerakan nasional Indonesia dipelopori oleh….
Jawaban: golongan pelajar

29. Hari Ibu diperingati setiap tanggal….
Jawaban: 22 Desember

30. Sejarah mencatat Budi Utomo berdiri pada 20 Mei 1908 atas prakarsa….
Jawaban: dr. Wahidin Sudirohusodo

31. Tujuan didirikannya Parindra adalah….
Jawaban: tujuan Parindra yaitu memperkokoh semangat kebangsaan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, seperti mendirikan bank, koperasi, badan usaha perdagangan, rukun tani, poliklinik kesehatan, dan panti asuhan.

32.Jelaskan tentang organisasi Partai Nasional Indoenesia (PNI)!
Jawaban: Partai Nasional Indonesia didirikan pada tanggal 4 Juli 1927 di Bandung. Tokoh pendirinya adalah Ir. Soekarno, Ir. Anwani, Mr. Sartono, Mr. Sunaryo, dan Mr. Budiarto yang dipimpin oleh Ir. Soekarno. PNI merupakan partai yang berasaskan nasionalisme (untuk kepentingan nasional). Pada tanggal 14 Desember 1929, para tokoh PNI ditangkap. Mereka diadili di Bandung. Di pengadilan, Ir. Soekarno mengajukan pidato pembelaan yang berjudul Indonesia Menggugat. Dalam pidatonya Ir. Soekarno mengecam penjajahan Belanda terhadap Indonesia. Akhirnya, para tokoh PNI yang diadili itu dijatuhi hukuman penjara dan pada tahun 1931 PNI dibubarkan.

33. KapanTrikoro Dharmo didirikan? Apa tujuannya?
Jawaban: Trikoro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia) berdiri pada 7 Maret 1915 di gedung perkumpulan Budi Utomo. Trikoro Dharmo bertujuan untuk mengadakan suatu tempat latihan untuk calon-calon pemuda Nasional.

34. Apa saja pergerakan nasional yang ada di Indonesia?
Jawaban: organisasi pergerakan nasional yang pernah lahir di Indonesia antara lain, Budi Utomo, Sarikat Islam, Indische Partij, PNI, Partindo, PKI, Taman Siswa, Perhimpunan Indonesia, Parindra, Muhammadiyah, PPPKI, dan PPPI. Sedangkan organisasi pemuda diantaranya Trikoro Dharmo, Jong Celebes, Jong Sumatera Bond, PPPI, Jong Indonesia, dan Indonesia Muda. Demikian pula pada pergerakan kaum wanita Indonesia yang dipelopori oleh R.A. Kartini dan Dewi Sartika.

35. Sebutkan gagasan ideologi Perhimpunan Indonesia yang telah disetujui!
Jawaban:
a. Membentuk suatu negara Indonesia yang merdeka
b. Partisipasi seluruh lapisan rakyat Indonesia dalam suatu perjuangan terpadu untuk mencapai kemerdekaan.
c. Konflik kepentingan antara penjajah dan yang dijajah harus dilawan dengan mempertajam dan mempertegas konflik. Konflik ditujukan untuk melawan penjajah.
d. Pengaruh buruk penjajah Belanda terhadap kesehatan fisik dan psikis bangsa Indonesia harus segera dipulihkan dan dinormalkan dengan cara terus berjuang mencapai kemerdekaan.

Lanjut ke soal nomor 36-50 => 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-8
Comments


EmoticonEmoticon

close