Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-8 - Khoerul WEB

Rabu, 17 Oktober 2018

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-8

Melanjutkan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 bagian ke-7 (soal nomor 31-35), essai uraian sejarah kelas 11 semester 1 bagian ke-8 berisikan bab yang sama "Pergerakan Nasional Indonesia dalam upaya membangun Jati diri Keindonesiaan" dengan sub pokok bahasan yang berbeda yaitu tentang Penguatan Jati Diri Keindonesiaan sebagai Implikasi dari Semangat Sumpah Pemuda.

Berikut, soal essay sejarah dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat dimulai dari soal nomor 36.

36. Sebutkan tokoh-tokoh organisasi Putri Mardika!
Jawaban: beberapa tokoh Putri Mardika, yaitu Sabaruddin, R.A. Sutinah, Joyo Pranoto, Rr. Rukmini, dan Sadikun Tondokusumo.

37. Sebutkan isi Petisi Sutarjo?
Jawaban: Isi petisi Sutardo adalah sebagai berikut
a. Volksraad sebagai parlemen sesungguhnya
b. Direktur departemen diberi tanggung jawab
c. Dibentuk Dewan Kerajaan sebagai badan tertinggi antara negeri Belanda dan Indonesia yang anggotanya merupakan wakil kedua belah pihak
d. Penduduk Indonesia adalah orang-orang yang karena kelahirannya, asal-usulnya, dan cita-citanya memihak Indonesia

38. Jelaskan tentang Partai Indonesia Raya (Parindra) dan Gabungan Politik Indonesia (GAPI)
Jawaban:
a. Parindra
Parindra didirikan di Solo pada Desember 1935. Partai ini merupakan gabungan dari dua organisasi yang berfusi yaitu BU dan PBI. Sebagai ketuanya dipilih dr. Sutomo. Tujuan partai adalah mencapai Indonesia merdeka. Parindra yang mengajukan petisi Sutardjo yang ditandatangani pertama, yang lainnya I.J Kasimo, Dr. Sam Ratulangi, Datuk Tumenggung, Kwo Kwat Tiong dan Alatas.

b. GAPI
Pada tanggal 21 Mei 1939, dalam rapat pendirian konsentrasi nasional di Jakarta didirikan suatu organisasi yang merupakan kerja sama partai nasioanl di Jakarta yang diberi nama Gabungan Politik Indonesia (GAPI) . Tokoh pendiri GAPI adalah Muhammad Husni Thamrin. Gabungan Politik Indonesia (GAPI) diketuai oleh Muh. Husni Thamrin, pimpinan lainnya adalah Mr. Amir Syarifuddin, dan Abikusno Tjokrosuyoso. Alasan lain dibentuknya GAPI adalah adanya situasi internasional akibat meningkatnya pengaruh fasisme, tujuan GAPI adalah:
- Menghimpun organisasi-organisasi politik bangsa Indonesia untuk bekerja bersama-sama.
- Menyelenggarakan kongres Indonesia. Di dalam anggaran dasar diterangkan bahwa bahwa GAPI berdasar kepada: Hak untuk menentukan diri sendiri, persatuan nasional dari seluruh bangsa Indonesia dengan berdasarkan kerakyatan dalam paha politik, ekonomi dan sosial. Persatuan aksi seluruh pergerakan Indonesia.

39. Bagaimana peran Volksraad dalam pergerakan nasional?
Jawaban: Volksraad berperan penting dalam pergerakan nasional, karena fraksi tersebut sangat memperhatikan nasib bangsa Indonesia dan ingin sekali membasmi ketidakadilan yang dialami bangsa Indonesia.

40. Apa tujuan dari Fraksi Nasional?
Jawaban: tujuan yang ingin dicapai oleh Fraksi Nasional ii adalah menjamin adanya kemerdekaan nasional dalam waktu singkat dengan jalan mengusahakan perubahan ketatanegaraan yang merupakan salah satu pelaksanaan Trilogi Van Deventer, berusaha menghilangkan jurang perbedaan warna kulit (Stelsel colonial).

Lanjut ke 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban Part-5
Comments


EmoticonEmoticon

close