Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 - Khoerul WEB

Kamis, 11 Oktober 2018

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 yang sedang Anda baca ini, berisikan materi sejarah bagian kesatu alias pertama dengan berisikan materi yang sama dengan 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban, yaitu tentang "Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imprealisme Barat di Indonesia", dengan sub pokok bahasan latar belakang masuknya bangsa Eropa ke Indonesia.

Selain itu, materi soal sejarah di atas, merupakan sub pokok bahasan sebelum siswa SMA/SMK/MA/MAK mengadakan penilaian tengah semester satu sejarah kelas 11.

Berikut di bawah ini, contoh soal dengan kunci jawabannya:

1. Apa tujuan bangsa Barat ke Indonesia setelah abad ke-18?
Jawaban: mendapatkan bahan baku industri, tempat atau daerah pemasaran hasil industri, mendapatkan tenaga kerja yang murah, dan tempat menanamkan modal.

2. Mengapa jatuhnya konstantinopel dianggap sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa mencai daerah rempah-rempah sendiri?
Jawaban: jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wiilayah yang banyak memiliki bahan rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia).

3. Bagaimana sikap bangsa Indonesia pada awal kedatangan bangsa Barat?
Jawaban: bangsa Indonesia menerima dengan baik atas kedatangan Bangsa Barat pada awalnya. Setelah tahu bahwa bangsa Barat hanya akan memanfaatkan kekayaan Indonesia, maka rakyat Indonesia mulai tidak suka dan segera melakukan perlawanan dengan sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan.

4. Apa tujuan awal bangsa Barat datang ke Indonesia?
Jawaban: pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani di Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka kemudian mengkalim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya. Di tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah, bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini. Akibatnya, harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka.

5. Apa yang dimaksud dengan gospel?
Jawaban: orang Eropa yang sebagian besar beragama Kristen terdorong untuk pergi kemana pun guna mewartakan Injil (gospel). Mereka percaya bahwa mewartakan Injil kepada orang-orang yang belum mengenal Tuhan adalah salah satu panggilan hidupnya.

Lanjut ke soal berikutnya => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-2
Comments


EmoticonEmoticon

close