Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-7 - Khoerul WEB

Rabu, 17 Oktober 2018

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-7

Melanjutkan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum bagian ke-6 (soal nomor 26-30), yaitu Bab tentang Pergerakan Nasional Indonesia dalam upaya membangun Jati diri Keindonesiaan, soal-soal essai/uraian sejarah kelas 11 semester satu bagian ketujuh berisikan bab yang sama dengan sub bab atau pokok bahasan yang berbeda dengan sebelumnya dimana bagian ke-7 tulisan ini berisikan tentang "Sumpah Pemuda".

Berikut, contoh soal essay sejarah dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat dimulai dari soal nomor 31.

31. Kapan Kongres Pemuda I diadakan? Apa tujuannya?
Jawaban: Kongres Pemuda I dilaksanakan di Jakarta pada 30 April sampai 2 Mei 1926. Kongres Pemuda I ini bertujuan untuk mendirikan gabungan perkumpulan pemuda sebagai wujud cita-cita kesatuan bangsa Indonesia.

32. Apa isi Petisi Soetardjo pada siding Volksradd bulan Juli 1936?
Jawaban: Isi petisi itu secara garis besar adalah tentang permohonan supaya diadakan suatu musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Negeri Belanda di mana anggota-anggotanya mempunyai hak yang sama. Tujuanya adalah untuk menyusun suatu rencana yang isinya adalah pemberian kepada Indonesia suatu pemerintahan yang berdiri sendiri dalam batas pasal 1 Undang-Undang Dasar Kerajaan Belanda.

33. Kapan lagu Indonesia Raya pertama kali didengarkan kepada umum?
Jawaban: dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut, diperdengarkan untuk pertama kalinya lagu kebangsaan Indonesia yang diciptakan oleh W.R. Soepratman, yaitu Indonesia Raya.

34. Apa yang dimaksud nasionalisme?
Jawaban: Nasionalisme adalah semangat memiliki atau sifat dari keinginan untuk berusaha mempertahankan identitas kelompok dengan melembagakan dalam bentuk sebuah negara.

35. Apa tujuan dari Gabungan Politik Indonesia (GAPI)?
Jawaban: tujuan GAPI adalah memperjuangkan hak untuk menentukan nasib sendiri dan persatuan nasional. Kemudian tujuan itu dirumuskan dalam semboyan “Indonesia Berparlemen”.

Lanjut ke soal nomor 36-40 => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-8
Comments


EmoticonEmoticon

close