Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-2 - Khoerul WEB

Jumat, 12 Oktober 2018

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-2

Melanjutkan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 bagian pertama (soal nomor 1-5), essay/uraian bagian kedua berisikan materi yang sama yaitu tentang "Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imprealisme Barat di Indonesia", tetapi berbeda sub pokok bahasannya, karena dibagian ke-2 ini berisikan tentang Petualangan, Pelayaran, dan Penjelajahan Samudra Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia.

Berikut, soal essai/uraian sejarah kelas 11 semester satu dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 6.

6. Apa yang dimaksud edukasi pada salah satu isi Trilogi van Deventer?
Jawaban: edukasi artinya mendirikan sekolah-sekolah bagi kaum pribumi dan akhirnya akan melahirkan kaum cerdik pandai yang memelopori pergerakan nasional Indonesia.

7. Apa tujuan bangsa Portugis datang ke Indonesia?
Jawaban:
a. Tujuan ekonomi, yaitu mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah. Membeli dengan harga yang murah di Maluku dan menjualnya dengan harga yang tinggi di Eropa.
b. Tujuan agama, yaitu menyebarkan agama Nasrani.
c. Tujuan petualangan, yaitu mencari daerah jajahan

8. Kapan perjanjian London itu ditandatangani? Sebutkan isi perjanjian London!
Jawaban: perjanjian London ditandatangani pada tanggal 13 Agustus 1814. Isi dari perjanjian dari London adalah sebagai berikut.
a. Pemerintah Inggris menyerahkan kembali tanah jajahannya kepada Belanda sebagaimana yang disepakati dalam Kapitulasi Tuntang.
b. Inggris mendapatkan Sailan dan Tanjung Harapan dari Belanda sebagai imbalan mempertahankan daerah itu dari serangan Perancis.

9. Sebutkan kebijakan yang dilakukan oleh Raffles pada bidang  sosial!
Jawaban: Menghapuskan system monopoli, menghapuskan sistem perbudakan, menghapuskan penyerahan wajib dan sistem tanam paksa, serta membagi Pulau Jawa menjadi 16 karisidenan.

10. Apa bukti dihapusnya sistem tanam paksa?
Jawaban: sebagai bukti sistem tanam paksa dihapuskan adalah dihapuskannya kewajiban tanam kopi di Priangan, Manado, Tapanuli, Sumatera Barat.

Lanjut ke soal berikutnya => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-3
Comments


EmoticonEmoticon

close