Profil Faldo Maldini - Wasekjen Partai Amanat Nasional - Khoerulweb.com

Wednesday, October 17, 2018

Profil Faldo Maldini - Wasekjen Partai Amanat Nasional

Faldo Maldini adalah seorang tokoh aktivis mahasiswa yang pernah dipercaya sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika UI (2010), Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI (2011), hingga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI (2012).

Pemilik akun Instagram https://www.instagram.com/faldomaldini/ juga didaulat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) ketika ia melanjutkan pendidikan pasca sarjana.

Pasca lulus dari Universitas Indonesia, Pemilik akun Twitter @FaldoMaldini melanjutkan studi pasca-sarjana di Plastic Electronic Materials, Department of Physics, Imperial College London (2013-2014). Di samping meneliti dan tergabung di grup riset Experimental Solid State Physics (EXSS), Ia juga menerima amanah sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) 2013/2014.

Selain aktif berorganisasi, pria kelahiran lahir Padang, Sumatera Barat, 9 Juli 1990 ini juga sering melakukan riset yang dipublikasikan di dalam dan luar negeri mewakili UI dan Indonesia. Pada tingkat nasional riset Faldo dan timnya beberapa kali mendapatkan gelar juara dalam berbagai perlombaan mewakili Universitas Indonesia pada tahun 2010. Sebagai individu, Faldo juga berhasil meraih juara 3 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi pada tahun 2011.

 adalah seorang tokoh aktivis mahasiswa yang pernah dipercaya sebagai Ketua Badan Eksekuti Profil Faldo Maldini - Wasekjen Partai Amanat NasionalBakat kepemimpinan yang dimilikinya diapresiasi oleh PPSDMS NF dan Goodwill International Scholarship yang masing-masing memberikan beasiswa kepemimpinan pada Faldo.

Sebagai Ketua PPI UK, Faldo memimpin 32 cabang yang dimiliki organisasi itu yang tersebar di berbagai wilayah di Inggris dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang.

Bersama Selvin Andika ZM, suami dari Davrina Rianda Davron ini menggagas Pulangkampuang.com, sebuah portal yang bertujuan menyatukan orang Minang yang ada di rantau dan di kampung (Sumatera Barat). Portal ini sebagai wadah gerakan untuk berkontribusi bagi urang awak yang masih berjuang di daerah rantau maupun di Ranah Minang. Beberapa hal sudah berhasil dia wujudkan lewat pulangkampuang.com, komunitas orang Minang binaannya yang kini telah mencapai 30 ribu anggota. Di Pulangkampuang.com, ia menggalakkan program penggunaan mesin pengelolaan limbah yang membeli sampah dari masyarakat untuk didaur ulang.

Pada tahun 2018, ayah dari Dayna Fakhra Madrian ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai Wasekjen, tugas Faldo meliputi koordinasi dengan DPW dan DPC di daerah, membangun sistem pengkaderan yang sistematis, hingga membantu mensukseskan sang ketua umum, Zulkifli Hasan, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.


Buku
  • Karena Selama Hidup Kita Belajar (2015)

Karier organisasi
  • Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika UI (2010)
  • Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI (2011)
  • Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI (2012)
  • Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (2013 – 2014)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda