10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS - Khoerul WEB

Rabu, 14 November 2018

10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS

Khoerulweb.com – Begini cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS . Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang sangat penting, terutama karena ia berfungsi sebagai sarana bagi setiap pengguna untuk mengakses atau memiliki aplikasi penting lainnya. Dan ketika Play Store error atau tidak bisa dibuka, ini akan membuat Asus kamu serasa membeku tidak bisa memperbarui atau mengunduh aplikasi.

Untuk itu kami telah membuat panduan ini yang berisi tentang cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS, yang tentu saja bisa membuat Play Store berjalan kembali. Langsung saja mari kita simak seluk beluk cara untuk mengatasi Play Store ASUS kamu yang error itu.

 Begini cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS  10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS


1. Kuatkan Konektivitas

Pertama, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang kuat. Lebih baik jika kamu dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan saja kamu memiliki koneksi data seluler yang kuat. Kemudian coba buka lagi play store.

2. Bersihkan Cache Play Store

Dengan cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS ini, Play Store akan diringankan dari cache yang memberatkannya dan membuatnya susah untuk dibuka. Caranya tinggal buka Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store> Hapus Cache, selanjutnya silahkan coba buka play store lagi dan jika belum berhasil, lanjut ke cara berikutnya.

3. Aktifkan Play Store

Ada kemungkinan kamu tidak sengaja tidak mengaktifkan Play Store sehingga membuatnya tidak bisa dibuka. So silahkan periksa Pengaturan > Aplikasi lalu pilih tombol menu 3 titik kanan atas dan klik Tampilkan Aplikasi Sistem. Pilih untuk menampilkan aplikasi Nonaktif temukan Play Store, jika memang tidak aktif silahkan aktifkan kembali.

4. Restart Ponsel ASUS

Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS ini dapat memperbaiki masalah kecil lainnya pada ASUS kamu, seperti aplikasi yang lain yang mungkin tiba – tiba force stop dan masalah lainnya. Caranya gampang, tinggal tekan dan tahan tombol Daya hingga menu muncul, klik Mulai ulang lalu klik OK untuk mengonfirmasi.

5. Nonaktifkan VPN


 Begini cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS  10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS

VPN adalah layanan untuk mendapatkan semua media di luar lokasi geografis kamu. Ini juga digunakan untuk memasang aplikasi khusus sebuah negara di negara lain. Tapi terkadang dengan mengaktifkan VPN bisa membuat crash play store. Jadi, ini disarankan untuk mencoba menonaktifkan VPN.

6. Instal Ulang Versi Terbaru Google Play Store

Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS selanjutnya adalah dengan menginstal ulang Play Store. Meski Google Play Store tidak dapat dicopot sepenuhnya dari perangkat ASUS kamu. Namun, kamu dapat menonaktifkan play store. Caranya buka Pengaturan > Keamanan > Administrasi perangkat > Pengelola perangkat Android, silahkan hapus tanda centang nya. Setelah itu buka pengelola perangkat Android dan copot pemasangan layanan Google dengan masuk ke pengelola aplikasi, terakhir bukalah play store untuk membuatnya memperbarui secara otomatis.

7. Hapus Data Play Store

Jika cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS di atas belum berhasil, kamu dapat mencoba opsi ini sebagai gantinya. Cara ini akan menghapus semua data aplikasi, pengaturan, dan lainnya. Sehingga Play Store akan seperti baru. Langkahnya hampir sama dengan cara menghapus cache, tinggal ditambah dengan klik Hapus Data.

8. Hapus Cache Google Play Service Firmwork

Selain Google Play store, juga penting untuk menjaga agar Google Play Service Firmwork tetap ‘sehat’. Cache dan data yang tidak perlu harus dihapus dari sana juga. Langakh – langkah cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS karena ini, sebagai berikut. Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Google Play Service Firmwork > Clear cache/ Hapus cache.

9. Hapus dan Tambahkan Kembali Akun Google

Langsung saja buka Pengaturan dan pilih Cloud lalu Akun, sekarang pilih Akun Google kamu lalu pilih Hapus Akun. Tergantung pada sistem operasi, opsi ini mungkin berada di bawah tombol menu 3 titik di sisi kanan atas layar. Kemudian sekali lagi pilih Hapus Akun untuk mengonfirmasi. Tinggal menambahkan akun kembali.

10. Hard Reset


 Begini cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS  10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di ASUS

Baca juga :
3 Aplikasi Penghemat Baterai Asus Yang Wajib Diketahui
Cara Bypass FRP Akun Google di HP ASUS
Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE Asus Zenfone Live

Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di ASUS mudah namun sangat beresiko ini akan menghapus semua file yang ada pada ASUS kamu. So kami sarankan untuk membuat cadangan semua file terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset. Tapi itu tindakan ini sebanding, mengingat ASUS kamu akan seperti baru lagi setelah ini.


Metode atau cara – cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka diatas adalah yang terbaik di antara semua solusi yang bisa kamu dapatkan untuk dicoba. Silahkan coba satu per satu dari yang menurut kamu paling mudah dilakukan. See you soon !
Comments


EmoticonEmoticon

close