15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR - Khoerul WEB

Kamis, 15 November 2018

15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR

Khoerulweb.com – inilah tips - tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR. Jaman sekarang kualitas kamera – kamera smarthphone tidak kalah dengan kualitas kamera DSLR, salah satunya kamera dari smartphone ASUS. Orang awam pun bisa mendapatkan gambar yang bagus dengan hanya bermodalkan kamera ASUS saja karena secara defult settingan kamera ASUS berada pada mode otomatis, jadi tinggal jepret saja.

Tapi gengs, tau gak sih jika kamu bisa mendapatkan gambar yang jauh lebih kece dengan megotak atik sedikit pengaturan pada kamera ASUS kamu. Yups, coba matikan dulu mode otomatis di kamera ASUS kamu, dan cobalah ikuti tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR berikut ini.

 tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR 15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR

Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR


1. White Balance

Ketika kamu berada dalam Mode Otomatis, White Balance otomatis dapat membuat gambar terlihat terlalu hangat atau terlalu dingin dalam kondisi yang berbeda seperti pencahayaan fluorescent, atau di siang hari. Dengan mengetuk ikon WB, kamu dapat mengatur ulang slider untuk membuat gambar lebih sesuai dengan keadaan sebenarnya.

2. Eksposur

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR selanjutnya adalah dengan mengatur eksposur. Karena ini sama pentingnya dengan mengatur white balance, sama – sama berhubungan dengan warna yang akan dihailkan pada gambar. Silahkan sesuaikan, misalnya jika gambar dianggap terlalu cerah, kamu bisa menyesuaikan nilainya sehingga gambar berubah menjadi lebih gelap seperti yang diinginkan.

3. ISO (Sensitivitas)

Setting ini membantu menyesuaikan seberapa sensitif sensor terhadap cahaya. Dengan meningkatkan sensitivitas, gambar akan menjadi lebih terang, dan akan ada noise di gambar pun sebaliknya. Terkadang setting ISO yang tinggi dalam kondisi pencahayaan yang rendah diperlukan untuk menangkap bidikan yang lebih jelas.

4. Kecepatan Rana

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR berikutnya adalah dengan mengatur kecepatan rana atau shutter speed. Setting ini adalah tentang seberapa lama rana terbuka untuk menerima cahaya. Kamu akan membutuhkan pengaturan ini bersama dengan ISO dan EV untuk mendapatkan bidikan yang cantik. Kamu bisa mengkombinasikan settingan ISO rendah dan shuttespeed panjang misalnya.

5. Fokus


 tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR 15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR

Fungsi fokus pada ASUS akan memungkinkan kamu untuk secara manual fokus pada objek dalam gambar. Kamu dapat fokus lebih dekat untuk pengambilan gambar makro, atau fokus pada objek lebih jauh seperti di lanskap. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbedaan dalam bidikan yang sama ketika kamu menyesuaikan jarak fokus.

6. Pasang Lensa

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR selanjutnya adalah dengan menggunakan lensa tambahan. Salah satu perbedaan paling jelas antara DSLR dan smartphone adalah kamu dapat menukar lensa pada kamera DSLR. Tapi sekarang ini banyak juga lensa yang dibuat khusus untuk smartphone. Ini biasanya berbentuk clip-on sehingga mereka dapat menempel ke hampir semua kamera ponsel. Dengan lensa – lensa itu kamu dapat bersenang-senang dengan efek makro, fisheye dan bahkan lensa telefoto.

7. Coba Aplikasi

Ada banyak aplikasi kamera yang menarik di luar sana yang dapat memberikan sentuhan yang lebih profesional pada foto kamu. Salah satunya VSCO, yang merupakan opsi yang layak dicoba. Pada aplikasi ini tersedia banyak fitur preset kamera yang kuat, filter dan alat editing.

8. Nonaktifkan Flash

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR selanjutnya adalah dengan mematikan Flash. Flash  atau lampu kilat adalah titik lemah untuk banyak kamera smartphone, karena ini dapat membuat foto jadi terlihat luntur. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan pencahayaan yang lebih baik, yang bisa kamu dapatkan dari sumber cahaya lain seperti dengan mengarahkan lampu ke subjek foto, membuka tirai, memanfaatkan cahaya alami matahari.

9. Gunakan Tripod

Para pro tahu betapa pentingnya untuk memegang kamera dengan mantap, tetapi banyak foto dari smartphone dirusak oleh sedikit gerakan tangan. Untuk menghindari kekacauan ini, gunakanlah tripod kecil. Ada banyak pilihan di pasaran, beberapa diantaranya dilengkapi dengan remote Bluetooth untuk mengontrol kamera dari jarak jauh. Tentu tripod ini akan menjaga agar smartphone tetap stabil dan dapat membantu memperjelas gambar.

10. Grid


 tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR 15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR

Grid adalah implementasi sederhana untuk mendapatkan rasio emas. Gambar dibagi dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal, sehingga ini menciptakan sembilan kotak seragam. Tempatkanlah subjek pada salah satu dari empat titik grid, atau juga sepanjang garis. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan komposisi foto yang bagus.

11. Aktifkan Time-Lapse

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR berikutnya adalah dengan membidik banyak gambar. Daripada mengandalkan snapshot yang sempurna, lebih baik mengambil beberapa jepretan dari subjek lalu memilih hasil yang paling bagus nantinya. Cukup snap setiap subjek beberapa kali sampai kamu mendapatkan gambar yang kira-kira cukup bagus menurut kamu. Saat ini, banyak smartphone yang menawarkan fungsi gambar time-lapse, yang memungkinkan kamera untuk mengambil beberapa foto dalam seri hanya dengan menekan satu tombol.

12. Horizon Lurus

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR ini terkait dengan yang sebelumnya. Masih dengan grid dalam bidikan lanskap, penting untuk menyelaraskan background pada salah satu dari dua garis. Jika kamu tidak bermaksud membengkokan gambar tentunya. Background adalah garis dominan ketika melihat ke kejauhan, jadi pastikan tidak bengkok.

13. Aturan Ruang

Beberapa subjek dalam foto juga membutuhkan ruang “untuk bernafas atau melihat.” Seperti rasio emas, elemen lain dapat menciptakan lebih banyak harmoni dalam foto. Menggunakan aturan ruang dengan benar, dapat menciptakan komposisi yang baik. Misalnya ketika memotret mobil yang bergerak, kamu juga harus menyisakan ruang di tempat mobil sedang dikendarai, alih-alih hanya menunjukkan aspal yang ada di mobil.

14. Tempatkan Sebuah Elemen Di Latar Depan

Tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR selanjutnya adalah dengan menempatkan sebuah elemen di latar depan. Foto menggambarkan ruang tiga dimensi di sekitar kita. Namun, jika subjek kamu cukup jauh, menempatkan sebuah elemen misalnya seseorang, sebatang pohon, atau objek lain di latar depan. Ini akan memberikan kesan kehidupan ke dalam panorama, karena kehadirannya memberikan gambaran keseluruhan yang lebih mendalam.

15. Foto Dari Atas


 tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR 15 Tips Cara Setting Kamera ASUS Agar Seperti DSLR

Baca juga:
Cara Mudah Format SD Card (Kartu Memori) Di Asus ( 3 Langkah)
3 Penyebab HP ASUS Cepat Panas
Cara Buka Pola ASUS Terkunci Lupa Password Tanpa Hapus Data

Jika kamu ingin mengambil foto selfie atau potret orang lain, kamu harus menjaga agar smartphone sedikit lebih tinggi saat mengambil gambar, sehingga subjek terlihat sedikit ke atas saat mengambil foto. Ini menghindari efek double-chin yang mengganggu dan kontur yang tidak diinginkan. Ketika kamu melihat ke atas, kamu akan meregangkan leher dan wajahdan semuanya menjadi lebih halus dan lebih kencang tanpa pemrosesan gambar dan mode kecantikan.


Sedikit saran tambahan, ketika kamu merencanakan sebuah pemotretan, kamu harus mempertimbangkan waktu yang paling tepat. Kami sarankan untuk melakukannya di pagi atau malam hari, karena waktu pagi dan malam hari sering menawarkan kondisi cahaya yang jauh lebih menarik daripada siang hari. Demikianlah tips cara setting kamera ASUS agar seperti DSLR ini, have a nice shot !
Comments


EmoticonEmoticon

close