5 Cara Backup & Restore Data Android ke PC - Khoerul WEB

Rabu, 14 November 2018

5 Cara Backup & Restore Data Android ke PC

Khoerulweb.com – Inilah cara - cara backup & restore data Android ke PC. Untuk kamu ketahui mencadangkan atau backup data seperti kontak, sms, foto, video dan data lainnya dari Android ke komputer secara teratur itu perlu. Yup, untuk menjaganya tetap aman jikalau terjadi sesuatu pada Android kamu. Atau mungkin ketika kamu akan meroot Android, memperbarui OS, memformat kartu SD atau mungkin melakukan factory reset.

Dalam tutorial ini, kamu akan memandu kamu untuk mempelajari cara - cara backup & restore data Android ke PC termudah dan paling andal. Yang perlu kamu siapkan hanyalah sebuah PC juga file – file yang ingin kamu backup, kami sarankan untuk mengumpulkan file – file tersebut dalam satu folder supaya proses semakin mudah.

 Untuk kamu ketahui mencadangkan atau backup data seperti kontak 5 Cara Backup & Restore Data Android ke PC

Cara Backup & Restore Data Android ke PC

1. Android Data Recovery

Backup
  • Unduh dan pasang Android Data Recovery pada PC kamu kemudian buka,
  • Dibagian "Other Option", pilih opsi "Android Data Backup & Restore". Kemudian hubungkan Android ke PC dengan kabel USB,
  • Setelah Android terdeteksi program, silahkan pilih File yang akan dicadangkan. Khusus untuk data aplikasi perangkat Android harus di-rooting,
  • Klik tombol "Backup" untuk memulai proses. Seluruh proses akan memakan waktu beberapa menit,
  • Ketika cadangan selesai, kamu dapat mengklik "See Backup" di sudut kiri bawah jendela untuk melihat detail file cadangan.

Restore
  • Luncurkan Android Data Recovery dan dari bagian "Other Option", pilih opsi " Android Data Backup & Restore ",
  • Kemudian hubungkan Android ke PC menggunakan kabel USB. Program akan segera mendeteksi perangkat.
  • Klik " Restore" dan pilih file cadangan di PC yang ingin kamu restore, kemudian klik "Return" untuk memulai.
  • Pada proses pemulihan, Android Data Recovery akan memerlukan otorisasi selama proses pemulihan. Izinkan otorisasi dan kemudian klik "OK" untuk melanjutkan.

FYI Android Data Recovery memungkinkan kamu untuk memulihkan data yang hilang dari Android, mengembalikan data yang hilang pada kartu Android SD, mengambil data yang hilang dari Android yang rusak, memperbaiki masalah di Android seperti memperbaiki Android yang dengan terkunci, dll.

2. Asisten Android Coolmuster

Backup
  • Unduh Asisten Android Coolmuster, Pasang dan luncurkan, setelah itu hubungkan Android ke PC melalui kabel USB,
  • Kemudian aktifkan USB debugging pada Android, ketika USB debugging diaktifkan klik "Allow",
  • Pilih file yang akan dicadangkan dijendela pilihan pada PC dan klik tombol "Ekspor" untuk mencadangkan semuanya ke PC.

Restore
Langkahnya sama seperti akan mencadangkan file, tapi dilangkah ketiga klik "Impor" untuk mengembalikannya ke perangkat Android kamu.

FYI, Asisten Android Coolmuster tidak hanya dapat digunakan untuk mengekspor file Android ke komputer, tetapi juga menyinkronkan file cadangan dari komputer ke komputer, mengirim pesan teks dari komputer ke nomor telepon kontak dengan mudah juga menginstal dan uninstall aplikasi Android di komputer langsung.

3. Easy Backup & Restore

Backup
  • Unduh aplikasi Easy Backup & Restore di Android kamu. Luncurkan dan klik YES ketika muncul pesan yang menanyakan apakah kamu ingin membuat cadangan,
  • Pilih file yang ingin kamu cadangkan, lalu pilih lokasi untuk menyimpan file cadangan,
  • Beri nama file cadangan dan klik "OK". Setelah itu, proses pencadangan akan dimulai.

Restore
Nah untuk mengembalikan file cadangan kembali ke perangkat Android kamu, kamu hanya perlu menekan tombol "Kembalikan", setelah mengikuti langkah diatas.

FYI, Easy Backup & Restore adalah aplikasi gratis dari Google Play Store, yang dapat membantu pengguna Android untuk mencadangkan data ponsel Android, termasuk kontak, pesan teks, MMS, log panggilan, acara kalender, dan lainnya dalam format arsip ZIP, sehingga kamu dapat membacanya di komputer atau perangkat dengan mudah dan bahkan mengembalikannya kapan saja.

4.  SDK Android

Backup
  • Yang perlu kamu lakukan pertama adalah mengunduh dan memasang SDK Android di PC kamu,
  • Hidupkan Android dan masuk ke Pengaturan > Sistem > Tentang Telepon. Klik beberapa kali pada Build Number perangkat hingga opsi Pengembang diaktifkan,
  • Tekan tombol kembali dan pilih opsi Pengembang di dalam menu Sistem.  Alihkan ke "Opsi pengembang" dan "debugging USB",
  • Hubungkan Android ke komputer dengan kabel USB dan gunakan Command Prompt atau kolom pencarian untuk mencari folder tempat perangkat ADB berada dan ketik "perangkat ADB",
  • Kemudian, Android kamu akan memunculkan jendela yang mengharuskan kamu untuk mengizinkan akses,
  • Ketik "adb backup -apk -shared -all -f /backup.ab", klik "Backup My Data" dan proses pencadangan akan dimulai.

Restore
  • Pasang perangkat Android kamu ke PC, gunakan Command Prompt atau kolom pencarian untuk mencari folder tempat alat ADB berada dan ketik "perangkat ADB" lalu beri izin akses,
  • Ketikan "adb restore /backup.ab", pilih opsi "Restore My Data" dan file cadangan akan segera dipulihkan ke perangkat Android kamu.

FYI, dengan menggunakan ini kamu dapat menguci dan memberi assword pada file yang telah kamu cadangkan gengs. Dan dengan menggunakan ini kamu juga dapat mencadangkan semua file tanpa proses rooting terlebih dahulu.

5. Android Backup Restore

Baca juga:
10 Tips Wajib Untuk Melindungi Perangkat Android
Cara Cek Versi Android OS Di HP dan Tablet
Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV

  • Pertama-tama, silakan unduh Android Backup Restore di komputer kamu, ketika instalasi selesai, jalankan program dan pasang Android kamu dengan kabel USB,
  • Di sebelah kiri program, pilih opsi “Android Backup & Restore" dan kemudian klik "Backup Advice Data" atau "One Click Backup" untuk memulai proses pencadangan,
  • Pilih data yang akan dicadangkan dengan mengklik item dan centang tombol "Start" untuk memulai proses penyalinan. Silakan ikuti panduan yang diminta dan simpan perangkat Android kamu selama proses backup.


Cara - cara backup & restore data Android ke PC diatas akan menjadi pilihan terbaik kamu dalam urusan ini. Aplikasi – aplikasi diatas juga kompatible dengan sebagian besar model ponsel Android dan tipe data. Dan tentu saja, terserang kamu akan memilih cara yang mana, kami sarankan pilihlah cara yang menurut kamu paling.
Comments


EmoticonEmoticon

close