7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi - Khoerul WEB

Jumat, 16 November 2018

7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi

Khoerulweb.com – Begini cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi. Sekarang ini, kayanya semua orang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai sarana komunikasi mereka. Ya, daripada menggunakan SMS atau telepon biasa, lebih baik menggunakan aplikasi WhatsApp yang jauh lebih murah, karena menggunakan kuota bukan pulsa. Tapi penggunaan aplikasi Whatsapp juga ada kelemahannya, dan yang menurut kami paling menjengkelkan adalah notifikasi WhatsApp yang tiba – tiba tidak berfungsi.

Ini adalah masalah umum WhatsApp yang sering disebabkan oleh koneksi jaringan yang buruk, masalah software atau kesalahan pengaturan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kamu ketinggalan informasi bahkan mungkin jadi penyebab kesalahpahaman dengan banyak orang. Nah, sebelum masalah berlanjut sebaiknya segera perbaiki dengan cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi berikut ini.

 Begini cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul  7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi


1. Pastikan Perangkat Tidak Bisu/Mute/Silent

Coba cek profil yang aktif pada perangkat kamu, mungkin saja kamu tidak sengaja mengalihkannya ke mode mute atau silent sehingga membuat notif WA jadi tidak berbunyi. Jika iya tinggal alihkan saja ke mode dering. Pastikan juga volume notifikasi-nya tinggi, minimal dapat terdengar dalam jarak yang lumayan jauh oleh pendengaran mu.

2. Pastikan Suara WhatsApp Aktif

Kamu tidak akan mendapatkan suara notifikasi dari WhatsApp jika suaranya dimatikan. Cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi karena ini adalah dengan mengeceknya. Caranya buka beranda WhatsApp lalu masuk ke Pengaturan > Pemberitahuan. Setelah itu centang nada Percakapan jika memang tidak dicentang sebelumnya.

3. Periksa Pengaturan Pemberitahuan Perangkat

Jika kamu telah mengizinkan pemberitahuan WhatsApp tetapi masih tidak mendapatkan notifikasi, kamu dapat memeriksa pengaturan Notifikasi perangkat. Tinggal buka Pengaturan > Pemberitahuan > Kelola pemberitahuan aplikasi > WhatsApp dan aktifkan pemberitahuan, beres.

4. Logout lalu Login lagi ke Akun WhatsApp


 Begini cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul  7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi

Cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi selanjutnya adalah dengan logout dari Whatsapp lalu login kembali. Karena tidak ada tombol Log Out di WhatsApp, kamu perlu keluar dengan menghapus data dari perangkat. Untuk memastikan kamu tidak kehilangan chat, kamu harus mencadangkannya terlebih dahulu sebelum keluar dari akun. Setelah itu silahkan masuk kembali ke Akun WhatsApp.

5. Force Stop WhatsApp dan Restart Perangkat

Merestart perangkat akan selalu menjadi cara yang efektif untuk menyelesaikan sebagian besar masalah – masalah kecil pada perangkat. Cobalah untuk melakukan force stop pada WhatsApp, kemudian restart perangkat dan mintalah seseorang untuk mengirim kamu pesan lewat WA lalu lihat apakah cara ini berhasil atau tidak.

6. Perbarui WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp kamu bukan versi terbaru, akan ada beberapa bug yang mungkin membuat notifikasi WhatsApp jadi bermasalah. So cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi karena ini adalah dengan segera memperbarui WhatsApp untuk mendapatkan kembali nada notifikasi.

7. Instal Ulang WhatsApp

Baca Juga :
Cara Melihat Cadangan Chat WA di Google Drive ( 3 Langkah )
Cara Restore Mengembalikan Chat WA Dari Google Drive (3 Langkah)
Cara Menambahkan Teman di Grup WA Bukan Admin (3 Langkah)

Kamu dapat menginstal ulang WhatsApp untuk memperbaiki masalah notifikasi ini. Tetapi karena menginstal ulang WhatsApp akan menghapus semua obrolan, kamu harus mencadangkan pesan dan foto WhatsApp sebelum menginstal ulang. Jika kamu menggunakan iPhone dan ingin mencadangkan pesan WhatsApp dan file media ke komputer, kamu dapat menggunakan Pencadangan & Pemulihan Data iOS, yang memungkinkan untuk memulihkan obrolan WhatsApp individual alih-alih seluruh riwayat obrolan.


Itulah cara - cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak muncul & bunyi yang dapat kamu coba. Pasti dari cara – cara diatas ada yang berhasil memperbaiki masalah tersebut, dan kamu tidak perlu lagi ketinggalan informasi ataupun salah paham dengan banyak orang gara – gara notifikasi yang tidak muncul. Have a great chat !
Comments


EmoticonEmoticon

close