Biografi Abbas Bin Firnas - Muslim Penemu Teknologi Pesawat Terbang - Khoerulweb.com

Friday, December 21, 2018

Biografi Abbas Bin Firnas - Muslim Penemu Teknologi Pesawat Terbang

Abbas bin Firnas (810–887 A.D.), juga dikenal sebagai Abbas Abu al-Qasim bin Firnas ibn Wirdas al-Takurini (Arab: عباس بن فرناس‎), adalah seorang polimatik Andalusia: seorang penemu, fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia dan penyair berbahasa Arab. Sering dikatakan keturunan Berber, ia lahir di Izn-Rand Onda, Al-Andalus (sekarang Ronda, Spanyol), tinggal di Kekhalifahan Córdoba, dan dikenal karena perupaya melakukan penerbangan.
 musisi Andalusia dan penyair berbahasa Arab Biografi Abbas Bin Firnas - Muslim Penemu Teknologi Pesawat Terbang
Kawah Ibn Firnas di Bulan dinamai untuk menghormatinya, serta Bandar Udara Ibn Firnas di Baghdad dan salah satu jembatan di sepanjang sungai Guadalquivir di Cordoba.

Kita kenal weight bersaudara sebagai penemu pesawat, padahal Abbas Ibnu firnas lah yang menemukan teknologi tersebut.


Penemuan Teknologi Pesawat Terbang

Abbas bin Firnas atau yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Firnas, lahir di Izn-Rand Onda, Andalusia pada tahun 810 Masehi. Ia adalah seorang Ilmuwan Muslim yang beberapa penemuannya berasal dari Al Qur'an.

Ia menemukan ide terbang setelah membaca Al Qur'an surat Al-Mulk ayat 19 yang berbunyi:

أَوَلَمْ يَرَوْا إِلَى الطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صَافَّاتٍ وَيَقْبِضْنَ ۚ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا الرَّحْمَٰنُ ۚ إِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ بَصِيرٌ

Artinya:

"Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu." [ Al Qur'an surat Al-Mulk ayat 19]

Abbas Bin Firnas berfikir bahwa burung saja yang tidak dihisab bisa terbang apalagi manusia. Lalu ia bertanya dalam hatinya "apakah saya mungkin bisa terbang seperti burung, bukankah kalau Allah berkehendak maka bisa terjadi?"

Kemudian dia meneliti burung, bagaimana ia dapat mengepakkan sayapnya hingga bisa terbang. Abbas Bin Firnas lalu merakit sebuah sayap buatan lalu dipasangkan ke tangannya.

Lalu ia pergi ke atas bukit yang agak rendah untuk melakukan percoban. Ia kepakkan sayapnya, lalu terjatuh. Ia terus melakukan beberapa percobaan hingga beberapa kali untuk melakukan perubahan pada sayap rakitannya agar sempurna.

Dari beberapa kali percobaan, Abu Firnas sampai mampu terbang sejauh 20 meter menggunakan sayap buatannya.

Incoming search: sebutkan peranan abu al qasim abbas ibn firnas dalam kemajuan daulah umayyah, jelaskan tentang abu al qasim abbas ibn firnas, biography abbas ibn firnas, abbas ibn firnas 810 887, penemu pesawat terbang, karya abbas ibn firnas yang dimanfaatkan manusia hingga saat ini berupa, arti nama abbas ibnu firnas, abu al qasim al zahrawi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda