Rebung, Sayuran Unik nan Kaya Manfaat - Khoerulweb.com

Tuesday, November 19, 2019

Rebung, Sayuran Unik nan Kaya Manfaat


Rebung, Sayuran Unik nan Kaya Manfaat - Anda tahu rebung? Ya, rebung adalah sayuran yang diambil dari tunas tanaman bambu. Tunas muda inilah yang kemudian sering disulap oleh orang-orang Indonesia untuk dijadikan masakan yang lezat. Baik sebagai sayur, maupun sebagai campuran untuk lauk.

Rebung, Sayuran Unik nan Kaya Manfaat


Meski demikian, banyak yang tidak mengenal sayuran rebung ini. Apalagi ternyata sayuran ini sangat enak jika dibuat masakan. Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya pun juga tidak bisa diremehkan. Apa saja manfaat sayuran eksotis ini? Berikut beragam manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat sayuran rebung


Diet alami

Kandungan serat yang terdapat pada rebung sangat baik bagi metabolisme dan pencernaan. Selain itu, rebung juga memliki kalori yang rendah. Sehingga sangat baik untuk program diet, tanpa harus berhenti makan.

Menurunkan kolesterol

Kandungan gula dan lemak tak jenuhnya bisa mengurangi kadar kolesterol dan juga menhindari dari penyakit jantung.

Obat penyakit pernapasan

Kandungan protein dan asam amino di dalamnya sangat baikk untuk mencegah penyakit pernafasan seperti pilek, hidung tersumbat hingga batuk.

Sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin yang melimpah di dalam rebung, seperti vitamin E, vitamin B6, asam folat akan sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu juga terkandung banyak mineral seperti fosfor, natrium, magnesium, kalsium, tembaga,zat besi yang tentunya juga menambah kekebalan tubuh dari seranagn penyakit.

Melancarkan pencernaan

Sayuran rebung sangat baik untuk mengobati beberapa masalah penyakit yang melanda sistem pencernaan seperti cacingan, diare dan kembung.

Tekanan darah

Kalium yang terdapat di dalam sayuran rebung sangat baik untuk menurunkan sekaligus menstabilkan tekanan darah. Sehingga baik untuk mengurangi penderita gangguan mental, seperti depresi dan sebagainya.

Kanker

Inilah manfaat terbesar namun jarang terungkap. Sayuran rebung bisa membunuh kanker. Sebab memiliki kandungan amylase, klorofil dan flavone sebagai landasan utama untuk melawan kanker.

Penyembuh luka

Sifat anti inflamasi dalam sayuran rebung sangat baik untuk menutupi luka.

Menstruasi lancar

Bagi Anda para wanita yang memiliki kecenderungan haid yang tidak lancar disarankan untuk mengkonsumsi sayuran rebung ini. Sebab rebung memiliki zat alami yang baik untuk mengurangi nyeri dan memperlancar menstruasi.

Membantu proses persalinan

Sayuran rebung termasuk tanaman uterotonika yang bisa memperlancar proses persalinan ibu hamil. Sebab bisa meningkatkan kontraksi rahim dengan baik.

Bagaimana menurut Anda? Pernahkah Anda membayangkan akan manfaat yang banyak dari sayuran rebung ini?

Semoga dengan hadirnya ulasan manfaat sayuran rebung ini bisa menambah referensi yang baik seputar tanaman sehat dan alami yang ada di negeri ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda